Rizni

Dari daerah Sumatera Barat Kab. Agam Kec.Tanjung Raya tepatnya Sigiran tanggal 2 Januari 1969 lahir ke dunia dari pasangan orang tua Nurdin ...

Selengkapnya
Navigasi Web
ERAN  KEPALA SEKOLAH  DALAM MENYUKSESKAN GURU  PENGGERAK TERHADAP PERUBAHAN

ERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUKSESKAN GURU PENGGERAK TERHADAP PERUBAHAN

PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUKSESKAN

GURU PENGGERAK TERHADAP PERUBAHAN

Sesuai dengan Permen Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah menegaskan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki lima dimensi kompetensi minimal yaitu: kompetensi kepribadian, msecara khusus di sekolah anajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Kompetensi supervisi kepala sekolah perlu dikembangkan dalam usaha membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Kepala sekolah mempunyai peranan yang penting dalam organisasi sekolah, ini berarti bahwa apa yang dikerjakannya akan sangat berpengaruh terhadap jalannya proses pendidikan di sekolah, sehingga secara ideal kinerja kepala sekolah harus dapat menciptakan situasi organisasi pendidikan sekolah yang efektif. Kualitas kinerja kepala sekolah akan sangat ditentukan oleh bagaimana seorang kepala melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mengelola pendidikan di sekolah sesuai dengan kemampuan dan motivasi kerjanya.

Dalam rangka melakukan peran dan fungsinya sebagai manajer, kepala sekolah memerlukan strategi yang tepat untuk memberdayakan guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam persaingan dan kebersamaan, memberikan kesempatan kepada tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesinya, mendorong keterlibatan seluruh tenaga kependidikan untuk ikut serta dalam setiap kegiatan yang menunjang program sekolah. Sebagai manajer sekolah, kepala sekolah harus mampu mengoptimalkan dan mengakses sumber daya sekolah untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolahnya. Disisi lain sebagai manajer, seorang kepala sekolah harus mampu menghadapi persoalan, memecahkan masalah, mengambil keputusan yang memuaskan semua pihak, selain itu kepala sekolah juga mampu mendelegasikan tugasnya mengalokasikan pekerjaannya, menentukan standar kualitas, memonitor hasil, mengontrol biaya, dll. Dan semua peranan tersebut tidak hanya dilakukan secara konseptual tetapi juga dengan cara persuasive dari hati ke hati.

Guru hendaknya dapat melakukan perubahan-perubahan kecil yang dimulai dari ruang kelas tanpa menunggu komando atasan. Mau berinisiatif sendiri mengolah suasana kelas, proses pembelajaran dengan menanamkan karakter bangsa, Gerakan Literasi Siswa Madani ( GLSM) sesuai visi misi Kabupaten Agam).Dengan begitu bakal terjadi perubahan yang besar pada dunia pendidikan diIndonesiayakni bergerak maju menatap masa depan.

"Apa pun perubahan kecil itu, apabila setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti bakal bergerak," ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. saat pidato pada peringatan Hari Guru Nasional di kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (25/11)

Dalam pandangan masyarakat umum sering dijumpai bahwa mutu sekolah atau keunggulan sekolah dapat dilihat dari ukuran fisik sekolah, seperti gedung dan jumlah ekstra kurikuler yang disediakan. Ada pula masyarakat yang berpendapat bahwa kualitas sekolah dapat dilihat dari jumlah lulusan sekolah tersebut yang diterima di jenjang pendidikan selanjutnya. Untuk dapat memahami kualitas pendidikan formal di sekolah, perlu kiranya melihat pendidikan formal di sekolah sebagai suatu sistem.

Dalam hal prestasi kerja yang dialakukan oleh guru penggerak bisa dibidang ekstrakurikuler yang dilakukan oleh guru penggerak dengan mengadakan berbagai kegiatan sesuai dengan bidang keahlian yang mengarah pada pengembangan bakat dan minat serta pengembangan diri pesertadidiknya. Kegitan itu antara lain:pramuka, bidang kesenian, bidang olahraga, dan keterampilan.

Begitupun peran kepala sekolah dalam kewirausahaan sesuai dengan program pemerintah daerah “Agam Menyemai” “Penanaman Sejuta Pohon” Sekolah bersama guru penggerak dan stakeholder ( menurut ISO 2600SR) : individu atau kelompok yang memiliki kepentingan terhadap keputusan serta aktivitas organisasi. Kegitan yang dilakukan menanam tanaman yang menghasilkan buah dilingkungan sekolah seperti: jambu, sirsak, sao, rambutan, belimbing, nagka, pokat, dan papaya.

Seperti kata Pak Bupati Agam Indra Catri “yang di pekarangan untuk di makan yang di kebun untuk di jual” Untuk itulah menjadi motivasi bagi pihak sekolah untuk mau melakukan perubahan-perubahan demi kemajuan sekolah. dan mutu pendidikan.

Nama lengkap: Rizni, S.Pd dengan tempat lahir Tanjung Raya, tanggal lahir, 1 Januari 1969 jabatan sekarang Kepala Sekolah, instansi : SD Negeri 21 Muko Jalan Kecamatan Tanjung Raya Kab.Agam Sumatera Barat alamat e-mail: [email protected], nomor WA :081374277797

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post