Rizni

Dari daerah Sumatera Barat Kab. Agam Kec.Tanjung Raya tepatnya Sigiran tanggal 2 Januari 1969 lahir ke dunia dari pasangan orang tua Nurdin ...

Selengkapnya
Navigasi Web
STRATEGI GURU DALAM  MENGATASI  RIBETNYA PEMBELAJARAN DARING
LOMBA JUNI JURUS BELAJAR DARING ANTI GARING

STRATEGI GURU DALAM MENGATASI RIBETNYA PEMBELAJARAN DARING

Tantangan hari ke-141

# Tantangan GuruSiana

LOMBA JUNI JURUS BELAJAR DARING ANTI GARING

STRATEGI GURU DALAM MENGATASI RIBETNYA PEMBELAJARAN DARING

Sejak wabah covid -19 dan stay at home, sosial distensing, WFH di berlakukan pembelajaran daring/ online sudah menjadi suatu cara agar pembelajaran tetap berjalan mulai dari tingkat PAUD sampai perguruan tinggi.

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara daring setelah berjalan tentu memiliki berbagai tantangan karena pendidik atau guru harus lebih inovatif dalam menyusun strategi, sehingga sesuai dengan metode belajar dari rumah sebab siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik.

Pembelajaran daring seharusnya lebih menekankan pada pembelajaran secara mandiri berdasarkan kemampuan, perkembangan psikologis dan perkembangan belajar online. Dengan prinsip belajar daring itu menyenangkan bukan merasa terbebani dengan berjubel tugas-tugas yang berakibat bagi siswa sebagai pemaksaan ataupun keterpaksaan, bersifat kontektual yang sesuai dengan kekinian yang mengarah pada materi pembelajaran yang sudah dirancang dan persiapkan.

Juga untuk pembelajaran daring guru atau pendidikharus memahami terlebih dahulu adanya perbedaan kelengkapan fasilitas di daerah ada signal atau tidak, kemampuan teknologi siswa dan orang tua sebagai pendamping belajar di rumah, ekonomi orang tua karena pakai kuota internet untuk mencari dan mengirim tugas yang diberikan.

Untuk strategi mengajar dan belajar tentu juga harus ada persiapan fasilitas penunjang: 1) aplikasi penunjang, 2) laptop/ computer/ HP, 3) materi pelajaran, buku, catatan dll, 4) jadwal benar-benar disesuaikan, 5) email tugas, 6) kalau secara langsung pakai video confrensi, dan webinar.

Pada pelaksanaan dari kegiatan mengajar dan belajar daring ini dapat dilakukan guru dengan saling ada hubungan yang harmonis antara siswa dan guru juga kegiatan dalam bentuk penugasan. Tapi jangan sampai menumpuk untuk itu guru selalu mengadakan pemantauan dan mengingatkan terhadap tugas-tugas yang diberikan jadi tugas tidak menumpuk.

Jika ada kendala dalam pelaksanaan mungkin jaringan lemot atau lampu padam atau fasilatas tak tersedia guru bersedia istilahnya jemput bola dengan kunjungan ke rumah apalagi untuk anak usia SD kelas rendah dan tinggi akan terdapat perbedaan dalam hal pelaksanaan daring ini. Untuk kelas rendah guru lebih aktif dan kreatif serta pendekatan dengan orang tua karena orang tua yang akan membimbing dan mendapingi siswa kelas rendah apalagi usianya masih cenderung bermain.

Dalam hal tugas akhir adanya evaluasi atau penilaian yang dilakukan oleh guru dari hasil kiriman tugas baik lewat online group, atau email pribadi ataupun WA, walau ada beberapa orang siswa yang secara manual mengumpulkan tugas yang diberikan. Juga guru dapat memantau lewat orang tua tentang tugas yang diberikan dikerjakan atau tidak jadi ada kesinambungan sejak dripersiapan sampai pada penilaian benar-benar terarah dan dapat mempengaruhi hasil belajar selama pembelajaran daring.

Bentuk dari tugas yang menyenangkan itu bisa berupa video membaca, menghafal, gambar-gambar, laporan ataupun pengalaman siswa itu sendiri, tukar pendapat, buat cerita, puisi, praktik dll. Jadi strategi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran daring ini tak bikin siswanya boring tapi menyenangkan dan membuat siswa mau dan tambah kreatif terhadap teknologi dan inovatif.

#mediaguruindonesia

#strategigurumengtasiribetnyapembelajarandaring

#belajardaringantigaring

#day51putaran4/365

Nama lengkap: Rizni, S.Pd dengan tempat lahir Tanjung Raya, tanggal lahir, 1 Januari 1969 jabatan sekarang Kepala Sekolah, instansi : SD Negeri 21 Muko Jalan Kecamatan Tanjung Raya Kab.Agam Sumatera Barat alamat e-mail: [email protected], nomor WA :081374277797

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap busemoga sukses dalam lombanya

03 Jun
Balas



search

New Post